Senin, 28 Juni 2010

Kata Bank Dunia : "Defisit anggaran RI meleset dari target"


target 2%, realisasi 1%..... defisit 1%
nih penjelasannya :
Bank Dunia memperkirakan defisit APBN-P 2010 yang ditargetkan pemerintah 2,1% hanya akan terealisasi 1%, salah satunya karena pertimbangan rendahnya daya serap belanja pemerintah.

Laporan Indonesia Economic Quarterly yang disusun Bank Dunia menyebutkan faktor utama realisasi defisit tahun ini akan sangat rendah adalah penerimaan negara yang diperkirakan akan lebih tinggi dan penyerapan belanja yang masih rendah.

Belanja pemerintah yang lebih lemah telah terlihat pada kuartal I/2010 dan tampaknya akan berlanjut sepanjang tahun, meskipun program-program pembangunan dan inti pemerintah akan meningkatkan porsi keseluruhan belanja.

Dengan asumsi pertumbuhan PDB nominal yang lebih cepat dan lebih tingginya harga minyak, maka penerimaan akan terdongkrak. "Ditambah dengan lemahnya penyerapan kuartal I yang diperkirakan berlanjut sepanjang tahun, defisit diperkirakan hanya 1% dari PDB dan kemudian makin kecil ke 0,4% PDB pada 2011," tulis laporan itu yang dikutip hari ini.

Menurut laporan tersebut, tingkat belanja yang sedikit lebih rendah pada kuartal I/2010 dan perbedaan dalam asumsi harga minyak menunjukkan bahwa realisasi belanja pada 2010 tampaknya akan lebih rendah dari target. "Belanja negara kami perkirakan akan terserap 95% hingga akhir tahun," kata Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Shubham Chaudhuri.

Berdasarkan catatan Bank Dunia, per akhir kuartal I atau akhir Maret 2010, pemerintah hanya membelanjakan...

Tidak ada komentar: