Jumat, 03 Agustus 2012

Gambar skema Pengertian Motherboard beserta komponen dan cara pembuatannya


Pengertian Motherboard adalah papan utama dari komputer yang di mana semua komponen di pasang, mulai dari processor, memory, slot-slot dan ekspensi lainnya. Pada papan motherboard terdapat komponen serta chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.
Pada komponen motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang di gunakan untuk pemasangan komponen kartu, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya. Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard.
Sebuah fitur yang penting dari pengertian motherboard adalah dukungan perangkat CPU lainnya, beberapa motherboard mendukung AMD CPU, sementara yang lain mendukung prosesor Intel. Dalam kategori pabrikan, ada nilai yang berbeda dari CPU. Pengertian Motherboard AMD prosesor 64-bit memerlukan soket CPU dari sebuah prosesor 32-bit AMD. Jadi, jika pembelian suku mandiri, seseorang harus memutuskan CPU sebelum memilih motherboard untuk memastikan kompatibilitas.
Bagian-Bagian Motherboard yang terdapat di dalamnya adalah Chipset, Bios, Slot RAM, Slot Ekspansi, Baterai CMOS dan socket atau slot processor. Yang terpenting pada bagian motherboard adalah konektor, karena konektor berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat lain.

Motherboard memiliki berbagai konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Paling mendasar, pengertian motherboard ada dengan beberapa interface untuk komponen yang diperlukan dan BIOS chipset untuk mengontrol setup dari motherboard. Salah satu jenis BIOS yang paling menentukan dan sebagian besar produsen membuat motherboard berdasarkan BIOS. Contohnya adalah banyak gamer lebih memilih Nvidia BIOS seperti yang dinilai sebagai salah satu yang terbaik untuk aplikasi grafis.
Motherboard terbaik pada tahun 2012 adalah Asus Rampage II Extreme, XFX NVIDIA GeForce 9300 Desktop Board – MI93007AS9, Intel DX58SO Motherboard, ASUS Republic of Gamers Series Rampage Formula ATX Intel Motherboard, Motherboard MSI Platinum P45D3, eVGA 141-BL-E760-A1, GigaByte GA-MA790FXT-UD5P Motherboard, Asus P5Q SE PLUS, P6NGM-L MSI Motherboard dan Asus M4N78 PRO Motherboard.
Harga Motherboard yang paling mahal adalah jenis MSI P45 Neo2-2FR. Karena motherboard ini di jual dengan harga pasaran Rp. 1.500.000,00. Motherboard ini membuat adalah Intel dan juga memiliki spesifikasi DDR2, Gigabit LAN, LGA 775, 1600 MHz, Firewire, ATX, Intel P45.
Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Motherboard, semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang sedang binggung penjelasan tentang pengertian motherboard. Baca juga artikel kami lainnya, Fungsi MotherboardFungsi RAM dan Pengertian RAM.


Tidak ada komentar: