Senin, 23 Mei 2011

mempercepat browsing via DNS server.....

Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Koneksi Internet

Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Koneksi Internet
Akses internet yang lambat tentunya sangat membuat anda kesal? Jangankan untuk membuka video streming, untuk membuka halaman web saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Malah bisa saja halaman web tidak terbuka sama sekali. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan kecepatan akses internet, tujuannya agar semua aktivitas kita dalam menggunakan internet berjalan lancar dan cepat.
Dengan koneksi internet yang tinggi akan memudahkan kita untuk browsing, akses video streaming, download, akses game online atau yang lainnya. Nah, bagaimana jika koneksi internet yang anda miliki sangat terbatas. Masih ada cara untuk mempercepat dan mengoptimalkan koneksi internet anda. Koneksi internet memang tidak bisa ditingkatkan, bila provider memberi batasan bahwa koneksi internet anda 512 Kbps. Maka kecepatan yang anda dapatkan maksimum adalah 512 Kbps dan tidak bisa melebihi nilai itu. Akan tetapi, kita masih bisa mempercepat dan mengotimalkannya agar koneksi tetap pada kondisi maksimum, stabil tanpa putus.

Saya akan membuka semua rahasia tentang mempercepat dan mengoptimalkan koneksi internet ini. Koneksi internet dapat di optimalkan dengan melakukan setting ulang pada DNS, mengoptimalkan TCP dan IP, melakukan blokir iklan dan flash pada browser, menggunakan program tambahan untuk proses download dan menggunakan proxy. Teknik ini berguna untuk jenis koneksi Dial Up, DSL dan ADSL, koneksi broadband dan lainnya.
1. Melakukan setting ulang pada DNS
Saya melakukan setting ulang DNS pada Mobile Partner yaitu software bawaan dari modem Vodafone saya, bila anda menggunakan modem lain mungkin akan menggunakan software yang berbeda. Namun, pada prinsipnya sama yaitu merubah DNS. Caranya buka mobile partner >>> Klik Tool, Option, Pilih Profil Management >>> Klik Edit, Advance >>> Pada primary dan secondary DNS, masukan nomor DNS pilihan anda.
Cara lain bisa dilakukan pada windows yaitu buka Control Panel >>> Network Connection >>> Klik kanan sambungan internet yang sedang aktif/Connected >>> Properties >>> Networking >>> Internet Protocol >>> Properties >>> Beri tanda pada Use The Following DNS Server Adresses >>> masukan DNS pilihan anda >>> Klik OK.
Gunakan nomor DNS yang anda rasa paling cepat pada koneksi internet anda. Banyak sekali alternatif DNS server, saya memilih 6 DNS terbaik yang semuanya merupakan server luar.
Berikut daftar DNS server :
Server DNS Google
o 8.8.8.8
o 8.8.4.4
Server Open DNS
o 208.67.222.222
o 208.67.220.220
Server DNS Norton
o 198.153.192.1
o 198.153.194.1
Server DNS Advantage
o 156.154.70.1
o 156.154.71.1
Server DNS Verizon
o 4.2.2.1
o 4.2.2.2
o 4.2.2.3
o 4.2.2.4
o 4.2.2.5
o 4.2.2.6
Server DNS Scrubit
o 67.138.54.100
o 207.255.209.66
2. Lakukan setting ulang pada Group Policy di PC anda (Windows XP)
Trik ini dapat meningkatkan kecepatan internet anda sekitar 20%. Caranya masuk Start, Run >>> Ketik : gpedit.msc >> Computer Configuration >> Administrative Templates >>> Network >>> QoS Packet Scheduler >>> Limit Resevable Bandwidth double klik >> Pilih enable dan isi banwidth limit dengan 0% >>> Klik OK.
3. Mengoptimalkan setting TCP dan IP
Untuk mengoptimalkan TCP dan IP secara aman, anda dapat menggunakan dua software. Pertama memakai SG TCP Optimizer atau Full Speed Internet Booster. Gunakan salah satu dari kedua software ini dan jangan menggunakan keduanya.
Cara memakai SG TCP Optimizer : Buka program SG TCP Optimizer >>> General Settings >> Connection Speed : geser indikatornya sesuai kecepatan internet anda (misal internet saya pakai koneksi Three dengan sinyal EDGE 236,8 Kbps) maka geser ke 256 Kbps pada indikatornya >>> Network Adapter Selection : Pilih Modify All Network Adapters >>> Choose Settings : Pilih Optimal >>> Apply Changes dan restart. Download SG TCP Optimizer terbaru
Cara memakai Full Speed Internet Booster : Sambungkan koneksi internet anda >>> Buka Full Speed Internet Booster >>> Pilih Mozilla Firefox >>> Jika muncul jendela : OK saja >>> Pada adress pasukam http://umbun.com >>> Klik Web Speed Test >>> Setelah web umbun muncul tutup saja jendelanya >>> kembali ke menu Full Speed : Klik Boost >>> Restart. Program ini tidak gratis, tapi download saja karena ada dua versi yaitu free dan pro. Download Full Speed Internet Booster Terbaru
4. Gunakan browser yang cepat kemudian blokir iklan dan file flash
Memblokir iklan dan file flash bisa di lakukan pada browser Firefox, Opera dan Safari. Gunakan saja browser mozilla firefok. Langkah pertama download addons Flashblock dan aktifkan. Langkah kedua download addons Adblock dan aktifkan. Langkah ketiga download filter untuk addons Adblock : Klik add Easy List to Adblock Plus.
5. Mematikan fitur Automatic Update pada komputer
Caranya : Buka Control Panel >>> Security Center >>> Turn Off Automatic Update
6. Hilangkan peringatan Automatic Update pada komputer
Caranya : Buka Control Panel >>> Security Center >>> Resources >>> Change the way securiy alert me >>> Hilangkan semua centangnya >>> Klik OK.
7. Pakai program khusus untuk proses download, saya biasa menggunakan Internet Download Manager.
8. Gunakan proxy pada mozzila anda atau proxy pada internet download manager anda.
Proxy pada Internet Download Manager caranya : Buka IDM >>> Klik Menu : Option >>> Centang tanda “Use http Proxy” >>> Masukan salah satu proxy dan port porxy nya >>> username dan password kosongkan >>> Klik OK
Proxy pada Firefox caranya : Buka firefox >>> Klik Tools >>> Options >>> Advanced >>> Network >>> Connection Settings >>> Ceklis pada Manual Proxy Configuration >>> Masukan salah satu IP Proxy anda.
Penting :
o Berfungsi atau tidaknya suatu proxy sewaktu-waktu bisa berubah
o Sebagian IP proxy tidak bisa diterapkan di jaringan yang memakai router
o Lihatlah proxy bekerja atau tidak, lihat daftar proxy gratis dan update
Jika anda melakukan konfigurasi yang seperti ini, kecepatan dan kestabilan koneksi internet anda akan meningkat sekitar 200 – 300 %. Saya hanya memakai koneksi Three dengan sinyal EDGE 236,8 Kbps. Untuk urusan browsing dan dowsload masih mantap. Wusss…….wusssss….wusssss…..download 150 Mb juga mantap. Selamat tinggal koneksi lambat.

Tidak ada komentar: